Traveler Wajib Tahu! Ini Dia Etika Sebelum Berlibur, Saat Berlibur dan Setelah Berlibur!


Memang sih, tujuan utama kita berwisata atau berliburan itu ya untuk bersenang-senang. Tapi siapa yang bilang kita bisa seenaknya saja saat berwisata? Siapa yang bilang kita bisa mengunjungi tempat wisata terus pulang begitu saja.

Bagaimanapun, tetap ada etika dan beberapa hal yang tidak ditinggalkan supaya wisata kita bisa tetap berkualitas dan juga berkesan. Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

Sebelum Berangkat Liburan

Cobalah untuk selalu mencari tahu informasi selengkap-lengkapnya tentang tempat wisata yang nantinya akan jadi tujuanmu berlibur. Gunakan sumber online supaya lebih gampang dalam mendapatkan informasi-informasi itu. Atau bisa juga kamu bertanya ada orang yang kamu kenal yang sudah pernah ke sana sebelumnya. Percaya atau tidak, informasi dari orang yang benar-benar sudah pernah ke tempat wisata yang akan kamu tuju akan lebih valid dan bisa memberikan gambaran yang jelas.

Jangan lupa cari informasi tentang lokasi tempat wisata dan juga cara pergi ke sana. Kadang kan ada beberapa tempat wisata yang butuh ekstra usaha untuk bisa mencapainya. Nah, informasi semacam ini yang kamu butuhkan supaya nantinya kamu tidak kaget tentang bagaimana supaya bisa sampai ke tujuan.


Satu lagi informasi yang sebaiknya kamu cari juga adalah tentang event-event yang diselenggarakan di sekitar tempat tujuan liburanmu. Siapa tahu kamu juga tertarik kan? sebagai contoh, ada upacara tradisional yang diselenggarakan di sana yang diselenggarakan pas jadwal kamu berlibur ke sana. Kan momen langka, tuh? Sayang kan buat dilewatkan?

Kemudian pastikan semua persiapan sudah mantap termasuk barang-barang yang akan dibawa, tiket transportasi dan juga sudah booking kamar hotel, dan lain sebagainya. Gunakan ceklist untuk mempermudahmu melakukan pengecekan tentang hal-hal yang sebaiknya dibawa selama liburanmu. Dengan demikian, kemungkinan ketinggalan barang akan bisa diperkecil.

Saat di Tempat Wisata

Pas sudah ada di tempat wisata, kamu harus manfaatkan waktumu sebaik mungkin untuk menikmati momen wisatamu. Tapi ingat juga untuk tetap menjaga kondisi fisikmu. Banyak lho wisatawan yang akhirnya harus mendapatkan perawatan medis karena mereka tidak menjaga kondisi badan dan mereka memaksakan diri untuk berwisata padahal tubuh sedang tidak fit. Kuncinya adalah menyeimbangkan waktu untuk liburan dan beristirahat.


Saat mengunjungi tempat wisata, nikmati tempat wisata itu seoptimal mungkin. Coba lihat ada apa saja di sana. Apakah ada atraksi yang sekiranya menarik untuk dicoba? Sebagai contoh, kamu pergi ke Danau Bedugul di Bali. Di sana kamu bisa menikmati indahnya danau yang ada di atas gunung. Tapi di sana kamu juga bisa menikmati sensasi naik parasailing. Kenapa tidak mencobanya? Itulah yang dimaksud mengoptimalkan waktu yang ada di sana untuk mencoba atraksinya.

Kemudian jangan lupakan juga untuk tidak “nyampah” sembarangan! Ya, sebagai seorang wisatawan, kita tidak hanya berhak untuk menikmati tempat wisata tapi kita juga memiliki kewajiban untuk menjaga tempat wisata itu. Buanglah sampah di tempat yang tersedia. Kalaupun kita tidak bisa menemukannya, simpan saja dulu sampahnya dan baru buang saat sudah menemukan tempat sampah.
 

Sebelum Pulang Lagi ke Rumah

Cek dan ricek lagi barang-barang yang dibawa. Pastikan tidak ada barang yang tertinggal. Ingat-ingat juga apakah kamu sudah membeli oleh-oleh yang dipesan sama teman-teman atau keluargamu. Dan yang paling penting, pastikan kamu tetap berhati-hati dan waspada selama perjalanan pulang supaya kamu bisa selamat kembali ke rumah dan bisa menceritakan apa saja yang kamu alami selama liburan ke orang-orang terdekatmu.

COMMENTS

Nama

Bali,2,Bandung,2,Banyuwangi,1,Beach,1,Bogor,1,Destinasi,8,Green Bowl,1,Holiday,1,Jakarta,2,Jawa Barat,5,Jogja,1,Kuta,1,Liburan,1,Nusa Dua,1,Nyang Nyang,1,Pantai,1,Rencana,2,Sanur,1,Soka,1,Travel,1,Wisata,7,Wisata Edukasi,1,Yeh Leh,1,
ltr
item
Travel.or.id: Traveler Wajib Tahu! Ini Dia Etika Sebelum Berlibur, Saat Berlibur dan Setelah Berlibur!
Traveler Wajib Tahu! Ini Dia Etika Sebelum Berlibur, Saat Berlibur dan Setelah Berlibur!
Etika Sebelum Berlibur, Saat Berlibur dan Setelah Berlibur!
https://3.bp.blogspot.com/-1coq6BDD7Q4/W-jc73pDyYI/AAAAAAAAJR0/gdjrPI26WmYEsHQY6hNZ_uabEP21Wfj3QCLcBGAs/s1600/Traveler-Wajib-Tahu%2521-Ini-Di.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-1coq6BDD7Q4/W-jc73pDyYI/AAAAAAAAJR0/gdjrPI26WmYEsHQY6hNZ_uabEP21Wfj3QCLcBGAs/s72-c/Traveler-Wajib-Tahu%2521-Ini-Di.jpg
Travel.or.id
https://www.travel.or.id/2018/11/traveler-wajib-tahu-ini-dia-etika.html
https://www.travel.or.id/
https://www.travel.or.id/
https://www.travel.or.id/2018/11/traveler-wajib-tahu-ini-dia-etika.html
true
8844057652395081264
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy